Senin, 28 Desember 2020

Daftar Pengusaha Yang Hobi Bermain Musik

Musik sangat bisa dinikmati oleh semua kalangan. Hal ini karena beragam genre yang seolah mewakili  karakter setiap orang. Tanpa mengenal profesi, seorang pengusaha bahkan bisa dibuat tergila-gila oleh musik. Pengusaha hobi bermusik, mengapa tidak?



Berikut daftar pengusaha tersebut:


1. Setiawan Djodi

Cucu dari Dr. Wahidin Sudirohusodo ini merupakan salah satu pengusaha yang sukses. Dia menjabat sebagai CEO Grup Setdco, yang membidangi perminyakan dan perkapalan.

Di balik kesuksesannya sebagai pengusaha, ternyata Setiawan Djodi merupakan seorang musisi. Hal ini dikarenakan dia lahir dari keluarga seorang musisi di Solo. Djodi dikenal lewat grup musik SWAMI yang dibentuk pada tahun 1989, bersama beberapa musisi ternama, seperti Iwan Fals sebagai vokalis, Sawung Jabo, Innisisri, Jockie Surjoprajogo, dan Totok Tewel.

Lalu pada tahun 1990, Djodi membentuk band baru lagi yang bernama Kantata Takwa. Band ini telah merilis album yang bertema kritis sosial dan politis, dengan Vokalis utama tetap Iwan Fals. Band ini mendapat dukungan dari musisi SWAMI, ditambah dengan WS Rendra dan Kelompok Bengkel Teater.

Bersama bandnya, Djodi menelurkan beberapa album, seperti Dialog (1992), Misteri Cinta (2003), dan Opera Raksasa Biru (2008).

2. Tony Wenas

Clayton Allen Wenas atau yang akrab disapa Tony Wenas, secara resmi ditunjuk menjadi direktur utama PT Freeport Indonesia (PTFI) pada tahun 2017 lalu. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Direktur Eksekutif PTFI. Bahkan pada rentang 2001 hingga 2010, dia pernah berkarir di Freeport sebagai Executive Vice President hingga menjadi salah seorang direktur.

Dengan karirnya yang gemilang tersebut, tidak meragukan lagi kemampuan seorang Tony untuk memimpin sebuah perusahaan besar. Tapi siapa sangka, jika dia merupakan pentolan band yang dikenal era 80an, yakni Solid ’80.

Ketika itu, Tony yang masih berstatus mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia memulai karir di dunia musik Indonesia dengan Band Solid “80. Band ini didirikan Tony bersama enam temannya yang juga mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Selain Solid “80, Tony sempat membentuk sebuah band lain, yakni Nuklir, yang didirikan bersama Iwan Madjid, Darwin, Ekkie Soekarno, dan Eet Syahrani. Selain itu, Tony dan Eet juga sempat membentuk dua band lagi yakni “Treeb” dan “Happy Friends”.

3. Basuki Hadimuljono

Sosok satu ini tepatnya bukan pengusaha, sih. Tetapi  lebih dikenal sebagai  abdi negara yang awalnya merupakan aparatur negara. Ya, ia adalah Basuki Hadimuljono.

Belakangan, ia kembali masuk dalam kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kedua kalinya, yakni sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Selama masa jabatannya, sudah banyak infrastruktur yang dibangun dan bermanfaat untuk masyarakat Indonesia.

Selain sibuk menjadi menteri, ternyata Basuki dikenal sebagai sosok yang suka musik. Dia bahkan aktif sebagai drummer dari Elek Yo Band, yakni sebuah grup musik yang berisi para menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK. Saking gatalnya mau memainkan drum, hampir di setiap acara yang dihadirinya jika terdapat hiburan musik, maka dia yang ingin tampil memainkan drum.

4. Peter Gontha

Di balik kesuksesannya, Peter Gontha ternyata cukup dikenal dalam dunia musik, terutama musik jazz. Namanya sudah dikenal oleh musisi-musisi jazz di Indonesia, maupun di dunia.

Salah satu pencapaiannya yang terkenal adalah acara musik jazz tahunan dan termegah, yakni Jakarta International Java Jazz Festival, yang diprakarsai oleh dirinya. Sebagai penikmat musik jazz, tentunya kamu harus tahu sosok Peter ini. Beberapa lagunya yang cukup terkenal adalah Jangan Menggoda Lagi dan Kau yang Kusayang.


0 komentar:

Posting Komentar